Edisi mini Gunung Penanggungan. Senam kaki di ketinggian 1653mdpl.


gunung penanggungan
berhenti sebentar, ngambil foto spektakuler diantara track penanggungan.
Diatas awan Broo


Haii.. haii teman-teman..  Alhamdulillah, kali ini saya masih diberi kesempatan lagi untuk berbagi cerita.  
Masih seputar kegiatan di alam, tapi kali ini saya mencoba petualangan di gunung Penanggungan di Jawa Timur.
Untuk sekedar perkenalan aja ya, Gunung penanggungan ini memiliki ketinggian 1656mdpl yang berada diperbatasan Kab. Pasuruan dan Kab. Mojokerto. Setiapa kali saya mau ke Tretes (yang jalan-jalan cantik Hash itu) saya selalu melirik gunung satu ini dan berharap suatu saat bisa kesana. Dan Alhamdulillah minggu kemarin saya kesampaian juga.. Hehehe.
“Tak ada tempat yang sama  dikunjungi dengan orang yang sama”. Dan benar saja petualangan saya kali ini bersama orang-orang baru yang sama sekali belum saya kenal.  Lebih tepatnya mereka adalah teman-teman si David dan si David pula juga baru saya kenal sekitar pertengahan tahun lalu. Gila.
Well… bagaimana caranya kesana?? Saya bela-belain nyervisin motor biar bisa buat naik. Tapi sama aja “si Revi” (motor revo saya) tetep aja ndak kuat nanjak didaerah tretes. Tapi Alhamdulillah kami berenam tiba di post perijinan sekitar pukul sepuluh malam. Ya…  sekitar Dua jam berangkat dari Surabaya.
                 
                Setelah  registrasi selesai, kami segera melangkahkan kaki menembus hutan gelapnya penanggungan.  Untuk sekedar info saja, registrasi penanggungan akan ditarik Rp 8000,- untuk sekali pendakian.

gunung penanggungan
dari puncak pemandangan, kita disuguhi pemandangan gunung arjuno welirang
dan kawaran tretes dibawahnya

                Kata orang-orang yang sudah sering kesini, kira-kira membutuhkan waktu sekitar dua jam dari post perijinan sampai puncak bayangan. Wow.. Dan saya kali ini bersama orang-orang baru yang bukan expert di pendakian. Jadi sedikit-sedikit istirahat. Atau mungkin istirahat kami lebih lama dari jalannya. Alhasil kami tiba di puncak bayangan sekitar jam dua malam. Seru sih pendakian kali ini, saking santainya. Tapi ya itu resikonya. Semakin lama kita berjalan, semakin lama nyampe tujuan, semakin lama terasa capeknya dan semakin sedikit  waktu tidurnya.
                Nih yang bikin penasaran.. How about track???
Meskipun Cuma 1653 mdpl yang kata pelajaran IPS belum dikategorikan Gunung, tapi jangan salah. Medannya Nge-track teruss, alias naik-naik kayak tangga. Bonusnya  lagi kalau habis ujan, Licinnya minta ampun. Semakin mendekati puncak bayangan, jalannya semakin menggila. Lebih tajam naiknya. Tak jarang juga saya harus belepotan dengan lumpur-lumpur dan batu-batu.  Yahh.. itung-itung lumpur lotion anti nyamuk. Hehehe
gunung penanggungan
ramenya, puncak bayangan kalau malam minggu

Sampai di puncak bayangan, Gila, puluhan tenda udah mancep disana. Wow .. lebih rame dari pasar minggu. Kalau ada komedi putar pasti lebih asik lagi nih. Sampai saya bingung mau dimana mendirikan tenda. Cari-mencari, akhirnya saya menemukan tempat kecil diapit empat tenda yang mungkin pas untuk tenda reot saya.  Lebih memalukan lagi, tenda  saya adalah tenda yang paling ancur dari tenda lainnya. Udah fibernya kepanjangan, resleting covernya konslet, ealah lupa ndak bawa pasak. Bocor lagi. Aduhh parah. Tapi jangan salah tenda satu ini sudah sampai Mahameru dan Rinjani. Saya aja kalah. (eh kok jadi ngomongin tenda sih)

gunung penanggungan
hello morning, mumpung kabutnya ndak nutupi puncak sejati penanggungan

Esoknya, sekitar pukul delapan pagi, setelah puncak asli kelihatan jelas dan kabutnya hilang, kami melanjutkan langkah kembali menuju puncak utama penanggungan.  Kalau dilihat dari puncak bayangan, track yang akan kami lalui mirip seperti tanjakan cinta mahameru, tapi kali ini lebih panjang sedikitlah. Ya.. sekitar empat sampai lima kalinya tanjakan cinta.
gunung penanggungan
sarapan pagi di track awal muncak. ayo semangat
dibelakang kecil itu adalah tenda-tenda

Lebih hebatnya lagi nih. Semakin naik keatas, tracknya tambah menggila. Semakin tambah tinggi saya harus melangkahkan kaki menanjaki batu-batu penanggungan. Tak jarang juga saya harus merangkak saking tingginya tanjakan yang harus dilalui. Mbak Ayuk aja (teman baru saya) sampai tidak berani menengok kebelakang saking tajamnya tanjakan.  Sambil terus naik, saya sebenarnya juga berfikir. “yaopo mudune mengko.. ??” (gimana turunnya nanti).

gunung penanggungan
berhenti sejenak,  sambil berusaha naikkan kaki. ayo semangat


gunung penanggungan
wehh.. nunut narsis sebentar mumpung pemandangannya bagus
selamanya Indonesia men..


Kata orang-orang sih, sekitar satu setengah jam jalan dari puncak bayangan kita sudah bisa sampai di puncak asli. Tapi ya itu tadi, jalan santai. Sampai  kita menghabiskan dua setengah jam sampai di puncak sejati..  
gunung penanggungan
hore, akhirnya sampai puncak juga. dokumentasinya tak lupa donk


gunung penanggungan
ehh.. Kurang bang fotonya. foto lagi donk di puncak.

Jadi kesimpulannya..
Cukup lumayan seru untuk seorang pemula yang mencoba tracking di gunung penanggungan. Medannya cukup lumayan tapi bisa digunakan  untuk latihan, tidak terlalu dingin juga jika dibandingkan dengan gunung diatas ketinggian 2000mdpl. Tapi ya itu memang harus hati-hati karena kemiringannya cukup tajam dari puncak bayangan ampai di puncak sejati. Yah.. sekitar lebih dari lima puluh derajat lah. Dan saya baru tahu kalau puncak penanggungan itu ditumbuhi rumput ilalang. Jadi vegetasinya masih belum berubah karena mungkin dipengaruhi ketinggiannya. Konon katanya sih puncak penanggungan mirip dengan puncak mahameru. Tapi bedanya di Mahameru berbasir sedangkan di Penanggungan berumput.
Sekian cerita saya kali ini dan trimakasih sudah membaca. ^_^ v

5 komentar:

  1. haha 4 jam berarti perjalanan naiknya .
    masih belum ngalahin rekor ku 6 jam perjalanan sampe pos bayangan haha .

    Cah Bantul

    BalasHapus
    Balasan
    1. oww ya mass.. woowww.... hebat mas.. lebih lama lagi.. ngapain tu 2 jam??

      Hapus
  2. wkwkwk nyasar iku dadine 6 jam buka jalur sendiri wkwkwk

    BalasHapus
  3. Nyampek puncaknya jm brpa bang???

    BalasHapus