Study Excurse day's 2 "jalan-jalan ke pembangkit Paiton yuks"

PLTU Paiton unit JAWA POWER

Hari kedua dalam agenda study excurse kami adalah mengunjungi PLTU paiton di Probolinggo.
Berlajut  dari hari pertama setelah kunjungan dari pabrik pocari sweat, saya memutuskan untuk tukar bangku dengan teman saya, Nita karena bis kami akan terpisah. Untuk bus 1 dan 2 langsung melanjutkan ke Situbondo sedangkan bus 3 kembali ke Surabaya untuk menjemput dosen. Dan berangkatlah saya bersama bus 2 ke Situbondo.

utama raya situbondo
foto bareng di depan hotel dadakan.

Nah, dua jam kemudian sampailah kita di rumah  makan Utama Raya di Situbondo. Menunggu kunjungan ke PLTU paiton besok tenyata kami harus bermalam diluar bus dan merogoh kocek lebih untuk menyewa penginapan karena tidak termasuk paket dari tur wisata. Alhasil saya bersama tujuh orang teman menyewa satu kamar di kawasan utama raya yang harganya 200.000/malam.  Tapi penginapannya saya rasa cukup bagus dan nyaman.
Esok paginya setelah sarapan, berangkatla kami ke PLTU paiton unit Jawa Power yang dioprasikan oleh PT YTL. Kami diarahkan dan disambut  di hall dalam kawasan perumahan karyawan oleh para alumni jurusan Teknik Fisika  yang bekerja di PT. YTL.

PLTU paiton unit Jawa power
troly untuk menaikan batubara dari kapal
Kami dijelaskan bagaimana proses pembangkit listrik itu bekerja. Secara sederhananya Dimulai dari pengambilan air laut yang kemudian dipanaskan dengan batu bara untuk dirubah menjadi uap  dan menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik dan air yang panas tersebut dikembalikan lagi ke laut. Untuk mengendalikan bagian-bagian lebih detail dari proses tersebut masih mengacu pada diagram fasa pada proses termodinamika. Aduh ruwet mau jelasinnya.
Nah penjelasan berikutnya mengenai alat-alat instrument yang digunakan seperti PLC, DCS dan lupa nama yang lainnya.  Untuk mengontrol semua proses dan pembangkit segedhe itu menggunakan DCS yang berada di control room. Ya.. mungkin saking lamanya dijelasi sampai saya lupa apa yang udah dijelasin. Hehehe.. itupun juga separo saya ngantuk.. (jangan ditiru ya).

PLTU paiton unit Jawa power
plan lebih dekat. boilernya aja gedhe banhet
Nah setelah dijelasin panjang dan lebar dari jam 9 sampe jam 1 siang, saatnya kita diajak jalan-jalan lebih dekat ke plan. Ternyata kawasan jawa Power merupakan kawasan paling luas dari unit lainnya. Untuk bagian pembakaran dan proses berapa di kab. Probolinggo sedangkan batu baranya disimpan di kab. Situbondo. Ya itu memang kawasan perbatasan. Sayangnya  kami tidak dijinkan masuk ke dalam plan karena safetynya harus dipersipkan jauh-jauh hari sebelumnya. Mmm… yah sayangnya..

foto-foto dulu dong
narsis dulu mumpung bisa masuk wkwkwk