Study Excurse day's 3, Dimanapun mainnya, minumnya teh botoh sosro

peresmian PT Sinar Sosro Gianyar Bali

Hari ketiga Study Excurse kami adalah mengunjungi pabrik Teh Botol Sosro di Gianyar Bali serta bonus ke pantai sanur.
 Tiba di Bali pukul 03.00 WITA karena bis dua mengalami kendala yang menyebabkan mogok satu jam  yang akhirnya  telat bangun di hotel transit dan berimbas pada jadwal kami yang  molor dua jam dari jadwal seharusnya.  Tur guide kami aja sampai ngomel karena kami memang benar-benar molor. Tapi akhirnya waktu bisa dikendalikan lagi karena jadwal kunjungan ke pabrik Teh Botol Sosro jam 13.00 WITA.
Sebelum kunjungan ke Pabrik, kami mengunjungan pusat oleh-oleh pie Bali di Cening Ayu.  Dan memang benar, rasanya lebih enak dari yang lain dan harganya lebih juga beda.  Sekaligus kami makan siang di lantai dua cening ayu dengan menu sate lilit dan sayur asem.
Jam 13.00 kami sudah tiba di pabrik Teh botol sosro di Gianyar bali.  Disana kami disambut di suatu bioskop Sosro dan diputarkan film pendek yang menceritakan sejarah berdirinya Sosro. Teh Botol Sosro dididrikan oleh pak Sosrodjojo dari Slawi yang diawali dari teh  mentah kemas cap Botol.  Yang kemudian pak Sosro membuat inovasi bagaimana teh bisa dinikmati lebih mudah oleh para konsumen. Berbagai cara mulai dicoba. Mulai dari menjual teh yang  disedu dilokasi dan dijual dipasar. Peminatnya banyak, namun karena terlalu lama menunggu teh matang cara tersebut kurang efektive. Akhirnya teh dibawa dengan menggunakan panci-panci untuk dijual dipasar. Namun lagi-lagi cara tersebut kurang efektive karena the banyak tumpah dijalan. Akhirnya pak Sosro berinovasi lagi memasukkan teh tersebut kedalam botol bekas  dan akhirnya menjadi ide yang tepat, praktis serta banyak konsumen yang suka dengan cara tersebut dan sampai sekarang menjadi teh Botol Sosro. Untuk saat ini, perusahaan teh botoh sosro sudah turun ke Generasi ketiga. Dengan ekspansi menjadi beberapa anak perusahaan.

pabrik PT Sinar Sosro Bali
produk-produk yang dibuat selain teh botol sosro

Produk yang dihasilkan selain teh botol sosro diantaranya  Stea, fruitea, happyjus, joytea, tebs, countrychoice, prim-a, yang terbaru minuman bersoda creso.
Setelah melihat film pendek tersebut, kami diajak jalan-jalan lebih dekat mengunjungi tempat produksi.  Jadi sebelum diisi teh baru, botol-botol sosro dicuci dengan sangat bersih dengan suhu yang panas agar kuman-kumannya mati, kemudian diseleksi lagi agar botol benar-benat aman.  Kemudian isikan cairan teh yang terdisi dari dari, gula dan daun teh murni tanpa campuran bahan lain.  Nah kenapa teh botol sosro rasanya sedikit pahit karena memang dibuat dari daun teh asli tanpa bahan tambahan. Setelah itu botol ditutup dengan menghilangkan kadar udara didalamnya sehingga tidah mudah basi. Dan dimasukkan ke krat-krat dan siap untuk disimpan dua minggu sebelum didistribusikan. Kenapa harus dua minggu?? Karena untuk memastikan  juga bahwa teh masih dalam kondisi baik dalam dua minggu tersebut.

pendiri dan pemilik PT Sinar Sosro

inovasi botol dari versi pertama sampai sekarang

Saya katakana bahwa tempat produksi  sangatlah panas udaranya. Saya tak bisa bayangkan bagaimana para pegawai kepanasan saat bekerja. Ternyata petugas akan dirolling setiap satu jam sekali. Mmm… boleh juga.
Nah setelah sesi muter-muter kami kembali lagi ke studio Sosro untuk sesi Tanya jawab ditemani fruitea gratis.
pantai sanur bali (photo by winona)
pantai sanur Bali
Setelah kunjungan ke Sosro, saatnya kami main-main. Tur guide mengarahkan mengunjungi Pantai Sanur karena lebih dekat dari Pabrik Sosro.  Ya kalau menurut saya sih sangat biasa pantainya. Ya mungkin karena terlalu ramai dan sebelumnya saya sudah pernah kesini. Yang beda dari pantai lainnya adalah pasirnya ada dua jenis. Sebelah kiri berwarna hitam dan seberang kanan berwarna putir. Ow ya disini ada bangunan tertinggi se Bali di Hotel Inna Grand Bali Beach yang dulu  pernah terdapat kejadian aneh.  Jadi ketika itu terjadi  kebakaran hebat dihotel tersebut, namun ada satu kamar yang tidak terbakar. Konon katanya kamar itu sebagai favorit ratu pantai selatan dan sampai sekarang dikeramatkan. Hiii…

sisi lain sanur yang memang ramai