PANTAI POPOH

pantai popoh Tulungagung

Ku mulai menulis dan mengisi  blog ini dengan beberapa petualanganku di beberapa tempat dan bagaimana akomodasinya. Karena hobiku sendiri adalah "make new experience" and " want to know some beautiful places". so,I will start to write.
Sebenarnya sudah banyak tempat yang pernah aku kunjungi tapi akan kumulai dari tempat yang terakhir kemarin aku kunjungi yaitu Pantai Popoh yang terletak di Kabupaten Tulungagung
Perjalanan aku mulai pukul 11 siang dimulai dari rumahku yang kebetulan berada di Tulungagung juga.
Petualangku  aku mulai bersama sahabatku Ulfa, kami berjalan dari rumah menuju terminal Tulungagung untuk memcari angkutan umum. Kira-kira butuh waktu 30 menitlah. kami meliwati pusat kota yang kebetulan weekend jadi gag terlalu ramai.
Tulungagung
dipusat kota

Kami memilih untuk melewati " squaretown" atau alun-alun Tulungagung. Taman di pusat kota ini cukup lumayan sejuk dan rindang pohonnya. Untuk yang ingin jalan-jalan cukup seru kok jika mampir juga ke Alun-alun. Selain udaranya sejuk disini juga ada outbond untuk anak-anak. jadi lumayan seru untuk orang dewasa, remaja atau anak-anak. Oh ya.. Ini juga bagus lho buat spot yang suka fotografi.
tulungagung
salah satu sudut alun-alun
Kita lanjut perjanan ke terminal. Untuk menghemat badget kita pilih untuk jalan kaki saja. Dari Alun-alun keterminal cukup lumayan dekat. Hanya butuh waktu 15 menit dan kita sampai. Karena sudah siang kita hanya menemukan satu angkutan umum untuk menuju Pantai Popoh. Ya apaboleh buatkita ambil saja lah.
Penegosiasian dimulai. Untuk PP Popoh Tulungagung cukup 30ribu saja. Itu sudah diantar sampai masuk ke pantainya. Tapi jika kalian ingin lebih murah kalian bisa naik angkot sampai pertigaan gerbang pantai. mungkin cuma habis 10ribu, namun kalian harus melanjut perjalanan lagi dengan menggunakan ojek. Nah kalau dipikir-pikir sama juga biayanya.
Dan kita mulai perjalanannya.
perjalanan dimulai
Jangan salah sangka dulu. Dalam perjalanan menuju Pantai Popoh. kalian akan disuguhi pemandangan yang menyejukkan mata kok. Ya. karena Kota Tulungagung masih asri dan sejuk. Kita nanti akan melewati hamparan sawah hijau, bukit "gunung kidul" dan Industri Marmer sebagai hasil komoditi unggulan Kab. Tulungagung.
hamparan sawah dari balik cendela colt

aneka bentuk kerajinan marmer

Untuk kalian yang suka mengoleksi batu yang unik dan cantik , kalian bisa mampir nih ke Kota ini atau bisa juga lho buat oleh-oleh dari Tulungagung. Ada banyak kerajinan dari marmer seperti patung-patung, tempat galon, piring, atau guci. Tinggal pilih saja kok asalkan badgetnya diatur juga ya..
 Sekitar jam 1 siang kami sampai di pantai. mmmm.. cukup lumayan lama ya..
Pantai ini terletak di kecamatan Campurdarat. Kalian tidak hanya akan mengunjungi pantai saja lho. Tapi juga beberapa spot-spot cantik.   Kami sepakat untuk mengunjungi laut bebas terlebih dahulu. Ya. laut lepas yang berada di timur pantai. kira-kira butuh waktu 15 menit untuk berjalan dari pantai. Ini merupakan tempat pelarungan abu. Beberapa ritual tradisional juga dilakukan disini lho. Disini kalian akan disuguhi pemandangan laut lepas ditemani karang-karang yang cantik, geburan suara ombak yang menatap batuan karang. Namanya. Laut Lepas Air Terjun Ikan Paus.
Oh ya . Untuk menuju laut cantik ini kalian harus melewati jalan setapak dulu. sekitar 200m lah.
pantai popoh
jalan setapak menuju laut bebas.

ada lorong sebagai tempat pelarungan abu
diatas karang laut bebas air terjun ikan paus
pantai popoh
salah satu sudut laut bebas

Ada beberapa spot wisata terdekat yang satu lokasi juga dengan tempat ini. salah satunya reco sewu, suatu makam pendiri rco sewu ini.Disini kalian bisa lihat icon Tulungagung yaitu Dwarapala yang di diplukat menjadi reco sewu. Kalau kalian penasaran berapa jumlah pantung kecilnya , boleh tuhh klo kalian hitung.. hahahaha
reco sewu
Sekitar satu jam kami keliling-keliling spot-spot disini, kami melanjutkan perjalanan menuju pantainya. ya pantai Popoh. Pantai ini sedikit  berbeda dengan pantai lain. Biasanya pantai lain yang dikelilingi pasir pantai yang putih tapi pantai ini dihiasi dengan batuan karang di tepinya. Kalian bisa menemukan ikan-ikan kecil diantara karang-karang itu atau kerang-kerang kecil yang menempel.

patuan karang ditepi pantai
Setelah dari pantai, kami melanjutkan perjalanan menuju spot berikutnya. Yakni Laut Bebas Karang Payung. Sama seperti laut bebas lainnya sih. Kalian bisa melihat hamparan laut yang sangat luas ditemani karang-karang cantik di tengahnya. Untuk menuju lokasi ini kalian perlu berjalan sekitar 15menit dari pantai melewati jalan setapak. Nah laut ini lebih terkenal dari Lokasi lain. Jangan khawatir kalau kalian tidak bawa minum. biasanya dikanan-kiri jalan setapak banyak yang jualan kok. Ketika kalian melewati jalan setapak, kalian bisa melihat pantai popoh dari atas lho.
ini foto pantai popoh dari atas

karang payung
ini laut bebas karang payung. ada karang yang bentuknya seperti payung di tengahnya
salah satu sudut laut bebas karang payung

Sekitar pukul tiga kami memutuskan untuk kembali ke pantai. Untuk kalian yang suka shoping, belanja oleh-oleh, kalian bisa beli oleh-oleh di pasar tradisional disekitar pantai. Ada banyak cindera mata yang dijual disana dan harganya cukup murah kok.

pantai popoh
pasar tradisional yang menjual cindera mata.