Mencoba Serunya Jalur Lintas Selatan Tulungagung


JLS Tulungagung, pantai Klatak
Dengan motor, traveling jadi lebih simpel.

Hallo semuanya, bagaimana kabar kalian di awal bulan ini?? Semoga semakin tetap semangat untuk terus berkarya dan menginspirasi orang lain. Aamiin. Untuk yang sudah kerja pasti rasanya seneng banget karena dompetnya tebel lagi, hehehe.  Buat yang mahasiswa, semangat ya, ajaran baru dimulai yang pastinya bakalan sibuk banget enam bulan ke depan. Untuk yang sudah selesai mengerjakan skripsi, selamat dan selamat datang di dunia yang nyata. Hahaha. Dan untuk yang ulang tahun hari ini, tepatnya tanggal 2 Februari Selamat tambah usia dan… selamat ulang tahun bareng saya. Hahaha… Semoga diumur yang  tambah +1 ini diberikan kelancaran rejeki yang barokah, sehat, apa yang diimpikan tercapai, dan dapat berguna bagi sesama, bertambah petualangan dn pengalamannya. Aamiinn. 

 Mmnn., tanggal 2 Februari, kebetulan jatuh dihari kamis, yang pasti bukan hari libur kalau tidak ambil cuti. Untuk mengantisipasinya, minggu kemarin, tepat di akhir bulan, saya pulang kampung. Nah..,, kira-kira tempat mana nih yang saya kunjungi?? Gunung, pantai, air terjun??? 
JLS Tulungagung, pantai Klatak
Jalur Lintas Selatan Tulungagung


JLS Tulungagung, pantai Klatak
Pemandangan Samudra Hindia dari JLS Tulungagung
Minggu kemarin saya mencoba menggunjungi JLS atau Jalur Lintas Selatan Tulungagung. JLS merupakan jalur yang baru dibuka yang nantinya akan menghubungkan kota-kota kecil di selatan Jawa Timur. Mulai dari Kabupaten Pacitan sampai Kabupaten Banyuwangi. Memang beberapa jalan belum selesai atau bahkan masih terhalang dengan bukit-bukit yang rimbun dengan hutan, tapi diusahakan beberapa waktu kedepan sudah selesai. Dengan adanya jalur JLS ini perjalanan antar kota tidak akan memakan waktu yang lama. Tapi disisi lain, (mungkin saya aja ya yang merasa) hutan disebelah timur jadi semakin hilang dan pastinya pantai semakin rame dan tambah rusak. Iya tidak???

JLS Tulungagung, pantai Klatak
JLS arah ke pantai klatak,

Terus apa nih yang istimewa dari JLS Tulungagung??? Apa ya?? Kalau ngomong-ngomong soal jalan apalagi jalan baru pastinya lebar dan aspalnya cukup mulus dan enak untuk berkendara. Karena letaknya di pesisir pantai selatan yang dibentengi dengan barisan bukit-bukit, pastinya jalannya berkelok kelok dengan pemandangan hijaunya bukit dan birunya pantai. Untuk JLS Tulungagung saat ini terdapat dua pantai yakni Pantai Gemah dan Pantai Klatak. Kalau ingin tahu informasi temen-temen bisa tanyak Mbah Google karena sudah sangat banyak sekali yang memposting kedua pantai tersebut. Yang saya tahu, pantai Gemah merupakan pantai dengan pasir berwarna hitam yang paling luas diantara semua pantai di Kabupaten Tulungagung dan ditumbuhi pohon cemara ditepi pantainya. Yang terbaru lagi, kalau kalian ingin muter-muter tanpa jalan kaki, bisa menggunakan ATV yang disewakan. Saya kurang paham sih berapa harga sewanya, karena kemarin saya tidak sempat mampir ke pantai gemah. Alasan pertama karena libur ganda jadi pantainya ruame banget, sumprit. Tempat parkir aja sampai penuh. 

JLS Tulungagung, pantai Klatak
Pantai Klatak men,

JLS Tulungagung, pantai Klatak
Ada apa tuh


Karena itu, saya berniat pergi ke pantai Klatak, bagian paling ujung barat dari JLS Tulungagung saat ini. Diakhir aspal, kami tinggal melewati jalan makadam 100 meter dan sampai di pantai.  Dulu, beberapa tahun yang lalu saya penasaran sekali dengan pantai ini. Kata temen saya aksesnya sangat sulit.

Sampai di pantai, ada apa aja nih?? Ada orang, rumah, air, pasir hitam, tanah, pohon kelapa, hahaha. Ya pastilah. Dan tentunya pantai yang pasir berwarna coklat hitam dengan beberapa deretan karang dan air yang berwarna coklat. Ya, kalian bisa menilai sendirilah pantainya cantik atau biasa. Tapi yang beda, adanya beberapa karang membuat banyak pemancing datang. Warna coklat pada air pantainya mungkin disebabkan karena pasir pantainya yang coklat dan lokasinya di teluk sehingga ombak laut tidak langsung masuk. Jadi kalau kalian ingin memancing, plantai Klatak dapat menjadi rekomendasi. Oww ya satu lagi., tiket masuknya kalian akan ditarik seikhlasnya. Saya lebih suka seperti ini, semoga menjadi lebih barokah dan pengunjung tidak keberatan. Mungkin ini dulu cerita dan review bulan ini. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat membuat kita semakin bersyukur hidup di Indonesia. 
JLS Tulungagung, pantai Klatak
Pasirnya yang coklat dan tidak terlalu ramai




JLS Tulungagung, pantai Klatak
Nyebrang dulu mas

JLS Tulungagung, pantai Klatak
sisi lain pantai, banyak orang mancing
JLS Tulungagung, pantai Klatak
ternyata banyak perahu nelayan







JLS Tulungagung, pantai Klatak
ngapain Mon??
Pesan Penting: Hati-hati jika berkendara di JLS karena jalannya yang lebar, mulus, berkelok dan pemandangan yang bagus membuat orang lalai berkendara, karena baru-baru ini terjadi kasus kecelakaan karena kelalauan pengendara. 

See you next review….. 

0 komentar:

Posting Komentar