SERU-SERUAN DI AIR TERJUN KAPAS BIRU LUMAJANG


Kapas biru lumajang
Indahnya Air terjun Kapas Biru


         Gunung semeru, merupakan gunung tertinggi di jawa timur yang berada di perbatasan beberapa kabupaten. Diantaranya Seperti Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang dan kabupaten Probolinggo. Daerah pegunungan biasanya masih memiliki banyak sumber air sehingga akan terdapat  banyak terdapat air terjun di wilayah  kaki gunung. Tak  terkecuali seperti daerah pronojiwo kabupaten Lumajang Jawa Timur yang masih berada dibawah kaki gunung Semeru memiliki air terjun yang cukup indah dan seru untuk dikunjungi yakni  Air terjun Kapas Biru dan sepaket air terjun Cuban sewu. 

        Alhamdulillah puji syukur Allah saya masih diberi kesempatan main ke tempat baru Bersama teman-teman baru pula yang dikenalkan oleh  mbak Ay. Minggu lalu kami main ke sepaket air terjun di kabupaten Lumajang. Dan.., air terjun pertama  yang kami kunjungi Adalah air terjun Kapas Biru.
Berangkat dari Surabaya pukul 12 malam dan tiba di Lumajang sekitar subuh dengan perjalanan lewat dampit kabupaten Malang. Rute perjalanannya naik turun tikung kanan tikung kiri sampai melewati petunjuk arah air terjun kapas biru kemudian masuk gang sempit yang lebarnya hanya satu mobil. Dan, sampailah kita di tempat parkir. 

Kapas biru lumajang
foto bareng sebelum berangkat melangkah
       Setelah parkir dan membayar tiket satu orang Rp 5000, barulah perjalanan sesungguhnya dimulai. Bersama enam belas teman baru saya, kami mulai melangkahkan kaki menelusuri rute menuju air terjun. Diawal perjalanan kami melewati kebun salak penduduk yang cukup lumayan banyak buahnya. Duh rasanya tangan saya geli untuk memetiknya. Apalagi melihat buahnya yang udah besar-besar. Sebagian besar penduduk setempat menanam salak karena panennya bisa dikatakan rutin setiap bulan. Apalagi yang ditanam adalah salak pondoh yang manis dan tentunya enak dimakan.
        Perjalanan berikutnya kami barulah menapaki jalanan setapak yang menurun. Bonusnya lagi kami harus menuruni tangga yang kemiringanya Sembilan puluh derajad yang benar-benar tegak lurus setinggi empat meter. Barulah kemudian jalurnya tidak terlalu sulit untuk ditapaki dan tentunya pemandangan yang spektakuler. Intinya.., perjalanan kami adalah menuruni ngarai sungai karena posisi air terjun berada dibawah. 
Kapas biru lumajang
turun tangga dulu yuks
 
Kapas biru lumajang
kurang lebih medannya seperti ini
Kapas biru lumajang
nyebrang dulu di jembatan bambu

        Setelah jalan  naik turun ditepian sungai sekitar satu jam, barulah..,  kita sampai di air terjun Kapas biru.
        How about air terjun?? Spektakuler Abis. sejujurnya diperjalanan air terjun saya sebelumnya belum pernah melihat air terjun yang segedhe itu dan tinggi. Ketinggiannya lebih dari dua puluh meter yang jatuh bebas dari tebing dan derasnya minta ampun. Walaupun musim kemarau masih melanda tapi aliran airnya masih sangat deras. Dibawahnya pun aliran sungainya sangat cantik melewati batu-batu dan tentunya sangat jernih. Barulah itu air akan bermuara ke sungai dibawah.
Setiap hari minggu atau hari libur, air terjun ini ramai dikunjungi. Walaupun jalannya lumayan melelahkan (walaupun tak se-ekstrim air terjun di Tulungagung) tapi air terjun ini sangat saya rekomendasikan untuk di kunjungi. Dijamin seru abis. 

To Be Continue......

Kapas biru lumajang
nyampelah kita di Air terjun

Kapas biru lumajang
narsis-narsis dulu nih

Kapas biru lumajang
pemandangan di sekitar Air terjun

Kapas biru lumajang
mas lutfi lagi tidur, lebih enak dari pada dikasur

winona andnindyara
tak lupa dunk artisnya narsis dulu





0 komentar:

Posting Komentar