House Of Sampurna. Pilihan wisata Sejarah Di Surabaya






Surabaya, Ibu kota jawa timur sekaligus kota terbesar nomor dua di Indonesia. Memiliki banyak kisah sejarah terutama di jaman pra proklamasi maupun paska proklamasi sehingga meninggalkan tempat- tempat tua bersejerah. Daerah disekitar tugu pahlawan merupakan daerah kota tua yang banyak meninggalkan bangunan-bangunan tua. Salah satunya adalah House of Sampurna sebagai tempat produksi rokok sampurna yang terkenal dengan Ji sam Soe.
Terletak di kawasan "Surabaya lama", gedung megah bergaya kolonial Belanda ini dibangun pada tahun 1858 dan sekarang menjadi situs bersejarah yang terus dilestarikan.
Gedung ini sebelumnya digunakan sebagai panti asuhan yang dikelola oleh Belanda, kemudian dibeli pada tahun 1932 oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna, dengan maksud untuk digunakan tempat produksi rokok pertama Sampoerna.
Saat ini, gedung ini masih berfungsi sebagai tempat produksi salah satu produk rokok paling bergengsi di Indonesia, Dji Sam Soe. Dalam peringatan ulang tahun ke-90 Sampoerna di tahun 2003, kompleks utama telah susah payah renovasi dan sekarang terbuka untuk umum.
Minggu kemarin, saya menyempatkan untuk mengunjungi House of sampurna. Itung-itung mengisi waktu luang di hari libur saya sekalian menambah koleksi tempat wisata sejarah di Surabaya. Untuk rutenya, saya sedikit bingung menjelaskankan. Tapi lokasinya tak jauh dari penjara kali sosok dan daerah tugu pahlawan
gedung house of sampurna tampak dari depan
Untuk masuknya pun gratis, hanya saja kita harus membawa STNK bagi pengendara bermotor. Bagaimana disana?? Tentunya bekas gedung tua yang masih memberikan corak bangunan kuno belanda. Halamannya luas dan dalam satu lokasi terdapat beberapa bangunan. Hanya saja yang dibuka untuk umum adalah satu gedung yang didesain museum. Di dalamnya didesin bagaimana awal mula perusahaan sampurna. Mulai dari berjualan di took kelontong, sampai didistribusikan. Beberapa lukisan-lukisan kuno juga terdapat disana. Foto-foto para petinggi sampurna pun juga ada. Intinya All about sampurna.
Dalam gedung tersebut terdapat tiga ruang tanpa sekat yang semuanya terpajang All about sampurna. Ada juga marchingband yang pernah dikirim ke Amerika  pada tahun 1990 sebanyak 234 orang. Wow..
desain di dalam house
 lantai kedua berisi souvenir, bagi yang ingin beli. Isinya sih,, about Indonesia. Batik, kerajinan dan sejenisnya. Dari lantai dua ini kita bisa melihat produksi rokok yang semuanya dikerjakan dengan tangan. Tapi produksi rokok ini hanya bisa dilihat ketika berkunjung di hari kerja. Selain itu jika kalian datang sebelum bis Surabaya Heritage berangkat kalian juga bisa ikut keliling-keliling kota Surabaya. Atau bahkan sambil mengunjungi beberapa tempat wisata seperti tugu pahlawan, gedung pemuda taupun yang lainnya.
Untuk sekedar info saja bis Surabaya Heritage akan berakat pukul 13.00 dan 15.00. lebih seru lagi ketika ada wisatawan mancanegara yang ikut karena kita akan dijelaskan lebih lengkap nlagi oleh tour guidenya. So salam traveling sejarah.  
kerajinan tangan yang dijual

bis untuk muter-muter surabaya

4 komentar: