Pantai Sine, teluk kampung nelayan di Tulungagung



pantai sine tulungagung
anak-anak pesisir sine yang asyik bermain

Teluk sine merupakan salah satu teluk di selatan kabupaten Tulungagung (lagi-lagi Tulungagung). Teluk ini masuk dalam wilayah kecamatan Kalidawir. Teluk sine dikenal juga dengan pantai sine yang masih merupakan satu deret dengan pantai Sanggar. Namun akses pantai ini tidak sesulit pantai Sanggar. Jalan yang sudah beraspal dan terdapat pemukiman penduduk disekitarnya menjadikan pantai ini menjadi kampung nelayan.  Sebagian besar masyarakat diteluk Sine mengandalkan hasil laut sebagai mata pencarian mereka.  Namun ada juga penduduk yang berladang untuk menambah penghasilan.
ketika saya main ke pantai ini,  saya  harus melewati mblasak- mblasak tegalan penduduk yang jalanya masih tanah. Meskipun jalannya  setapak, aksesnya tidak sesulit pantai sanggar yang harus naik turun bukit.  Sebenarnya ada dua jalan untuk kesana. Tapi saya dan Risky memilih jalan singkat yang sedikit mbasak-mbasak.  Setibanya disana, ternyata saya harus menyebrangi sungai untuk ke pantai. Lebih tepatnya muara sungai yang menuju laut. Kerena saat itu air laut sedang surut sehingga air tidak terlalu dalam. Bahkan banyak orang-orang yang mandi di muara itu.
pantai sine tulungagung
bibir pantai yang dihiasi pasir coklat
Setibanya di pantai Sine, saya disuguhi pemandangan pantai yang  panjang (dibandingkan dengan pantai lainnya) dengan pasir berwarna hitam kecoklatan. Beberapa perahu nelayan juga nampak. Baik yang sedang parkir di pantai ataupun di dermagakaan di bibir pantai. Ada juga beberapa pemancing yang asyik mancing di tepi pantai.  (yang saya bingungkan, emang bisa dapat ikan kalau mancingnya ditepi pantai). 

pantai sine tulungagung
nelayan yang membetulkan jaring
pantai ini akan ramai ketika para nelayan pulang melaut. ikan-ikan yang sangat segar (yang baru aja diambil dari laut) siap untuk diborong para calon pembeli. Konon katanya (dari web sebelah) pada tanggal 1 Suro selalu diadakan larung saji sebagai upacara adat. 

pantai sine tulungagung
muara sungai menuju laut. kadang banyak prahu yang masuk kesini

pantai sine tulungagung
nyebrang kali dulu yuk


pantai sine tulungagung
perahu yang parkir di pasir pantai





3 komentar:

  1. Artikel websitenya bagus pak. Kalau butuh motor baru dari dealer,area tulungagung,kediri,trenggalek,kunjungi dealer kami pak www.guskecil.top

    BalasHapus
  2. pemandangan dan air terjun yang sangat bagus. nice info gan jangan lupa kunbalnya http://ainurshare.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. terimakasih agan sudah mampir dan berkomentar. :)

    BalasHapus