Study excurse day's 1. Pocari Sweet dan Yamaha

pocari sweat pasuruan
pabrik pocari sweet di pasuruan
Salah satu kegiatan yang sering dilakukan sebelum kerja praktek di kampus saya adalah Study Excurse yang biasa disebut SE.  SE merupakan suatu agenda traveling ke perusahaan-perusahaan untuk belajar dan mengenal lebih dekat tentang dunia industry yang akan  terjuni  kelak. Tanggal 17-22 november lalu merupakan kesempatan saya dan teman-teman seangkatan untuk melakukan kunjungan industry tersebut.
Hari pertama kami (17 November 2014) kunjungan kami diawali dari YMPI dan PT Amerta Indah Otsuka yang terletak di kota Pasuruan.
Jam 03.00 saya harus memaksa bangun pagi karena kata teman-teman kita akan berangkat pukul 04.00. ehh.. sudah saya bela-belain bangun pagi-pagi tapi ternyata molor juga sampai akhirnya berangkat 06.30. Hadeh.
Industry yang pertama kami kunjungi adalah YMPI atau Yamaha Musical Product Indonesia yang terletak di kompleks industry pier pasuruan.

pocari sweat pasuruan
pak hendra ( dosen TF ) memberikan kenang-kenangan
Diruang audiotoriumnya kami dijelaskan mengenahi profil perusahaan. Diresmikan tahun 19.., YMPI beroprasi memproduksi alat-alat music tiup  diantaranya flute, saxophone, clarinet, pianika, recorder. Dari sini juga saya baru tahu bahwa Yamaha music terlahir jauh lebih dahulu dari Yamaha motor. Logo dan tulisannya pun juga berbeda jika detiliti lebih detail.  Nah kalau di jepang orang lebih mengenal Yamaha sebagai produsen alat music sedangkan di Indonesia,  orang bilang “Yamaha” pasti pikirannya langsung motor.
YMPI pasuruan
alat musik yang diproduksi di YMPI
Setelah dijelaskan prifil perusahaan, kami dijelaskan profil perusahaan, kami diajak jalan-jalan melihat proses produksinya.  Mulai dari bahan mentah yang masih belum dibentuk,  yang kemudian dilas satu persatu, dirangkai, dicoba satu persatu bahkan ada yang diukir khusus sampai dipacking siap didistribusikan. YMPI merupakan perusahaan jepang sehingga banyak aturan jepang yang digunakan, jadi disiplin banget.
Setelah muter-muter kami kembali lagi untuk sesi Tanya jawab. Salah satu pertanyaannya adalah siapa konsumen dari sekian banyak alat music yang diproduksi?? Ternyata masing-masing alat music memiliki pasar yang berbeda-beda. Untuk pianika pasar terbesarnya adalah jepang sendiri. Untuk flute, saxophone dan clarinet dipasarkan ke daerah Eropa dan Amerika. Sedangkan  recorder,  Indonesia menduduki peringkat ke-4 untuk konsumennya.  

YMPI pasuruan
foto bersama dengan teman-teman.di YMPI

YMPI pasuruan
fotografernya juga ikut narsis

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke pabrik pocari sweet atau PT. Amerta Indah Otsuka. wah.. saya suka banget dengan pabrik ini. Pabriknya bagus, bersih dan modern.
Ketika datang, kami diberi koin untuk mengambil pocari gratis dari mesin pocari yang telah disediakan dan kemudian masuk keaudiotorium untuk dijelaskan profil perusahaan.
Pocari sweet dibangun oleh pak Otsuka dari jepang pada tahun 19…. Yang semula memiliki ide membuat cairan infuse yang kemudian mengalami kegagalan dan jadilah pocari sweet yang sekarang ini.
Kemudian kami diajak jalan-jalan mengungujungi proses produksinya dan dijelaskan prosesnya. Mulai dari biji plastik (resin) dipanaskan Kemudian ditiup menjadi botol pocari dan diisi cairan pocari. Setelah itu, botol ditutup, diberi label, dipacking ke dalam kerdus dan siap didistribusikan.  Prosesnya sangat canggih, modern, dan higienis bahkan tidak tersentuk tangan manusia
.
pocari sweat pasuruan
produk pocari yang dijual dipasar


Kalaupun ada produk yang rusak, seperti tekanan botolnya tidak sesuai dengan standart, label botol ada yang salah, penutupan yang tida pas, produk akan langsung di deportasi dari barisan botol-botol yang sudah  standart. Dan lagi-lagi dilakukan oleh mesin canggih dan bukan tangan manusia. Puuhhh… canggih banget.
Namun sayangnya kami tidak diberi tahu persis cairan pocari itu dibuat seperti apa. Berapa presentase zat yang digunakan. Ya, hanya yang tertera di kemasan sajalah yang kita tahu.
Pulangnya kami semua mendapatkan oleh-oleh berupa satu tas pocari yang didalamnya ada tiga botol pocari sweet. Mmm sampai eneg saya minum pocari sweet.

pocari sweat pasuruan
bareng temen-temen semua


0 komentar:

Posting Komentar