Penangkaran Penyu Taman Kili - Kili

 

Penyu Lekang di Taman Kili Kili yang bisa disentuh

Sebagai Negara Maritim, enam spesies penyu dari tujuh di dunia hidup di Indonesia.. Wah senang sekali ya.. hampir semua penyu ngumpul di Indonesia. Yuks kita list penyu apa saja yang hidup di Indonesia.

1    1. Penyu Sisik (Eretmochelys imbricate) penyu ini memiliki moncong mulut yang unik dibanding yang lain mirip burung elang dan memilik tempurung yang lebih bergerigi.

2        2. Penyu Hijau (Chelonia mydas), penyu ini paling banyak ditemukan di seluruh perairan di Indonesia.

3        3. Penyu Tempayan (Caretta caretta), 

4.   4. Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea), menurut informasi dari internet penyu ini merupakan penyu terkecil yang pernah di temui. Tapi kemarin saya melihat penyu lekang ini super besar di penangkaran penyu taman Kili-kili dengan ukuran 80kg.

5.     5. Penyu Penyu Sisik (Eretmochelys imbricate), Belimbing (Dermochelys coriacea) penyu belimbing merupakan penyu yang ukurannya paling besar dan sekarang dalam kategori langka dan dilindungi. Pola tempurungnya menjalar panjang dan berwarna hitam,  

6        6. Penyu Pipih (Natator depressus)

    Tahun 2021 saya mencoba menyunjungi salah satu tempat penangkaran penyu di Pantai Kili-Kili Trenggalek bersama mbak Mul dan Yenny.. Sayangnya saat itu kami tidak bisa menemukan tempat penangkarannya walaupun sudah berada di bibir pantai yang sama. Kali ini saya mencoba kesana lagi bersama Emon dan Alhamdulillah kami menemukan tempat tersebut. Rute yang kami lalui dari Tulungagung menuju Trenggalek, kemudian dilanjut melewati pasar karangan dan mengambil arah menuju kecamatan Dongko dan Munjungan, melalui jalur kuning alias jalur provinsi menuju Pacitan yang jalannya naik turun menikung tajam. Kita juga melewati pegunungan yang sepertinya cukup tinggi ya karena vegetasinya sudah mulai berubah yakni hutan pinus dan di tebingnya banyak ditumbuhi paku.  Tahun 2021 saya yang menyetir dari berangkat sampai pulang. Tapi kali ini saya menjadi penumpang.. satu kata.. kesyell.

    Penangkaran penyu kili-kili ini sudah diperjuangkan selama 11 tahun. Dan sampai bisa menjadi sekarang dengan banyak penyu yang telah ditetaskan bukanlah sesuatu yang mudah prosesnya. Penangkaran ini harus terpisah dari kebisingan dan sekelilingnya harus dijaga keasriannya, mungkin itulah kenapa 2021 saya sangat sulit banget menemukannya, tersembunyi diantara lebatnya kebun kelapa. Penyu merupakan satwa yang akan mengingat dimana dia menetas dan akan kembali lagi untuk bertelur. Namun sayangnya predator telur penyu dan tukik tidak hanya hewan Karnivora namun juga manusia.

Di Penangkaran Penyu Kili-kili ini ada tiga jenis spesies penyu yang telah berhasil ditetaskan yakni Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea), Penyu Hijau (Chelonia mydas), dan Penyu Sisik (Eretmochelys imbricate). Pernah juga penyu belimbing melipir untuk bertelur namun kala itu masih belum berhasil.

    Jika kita mengunjungi Taman Kili-Kili ini kita masih bbisa melihat tiga jenis penyu yang memang tidak dikembalikan ke laut untuk bisa dipelajari. Seperti foto-foto berikut, saya dan emon asik memengan penyu lekang dan penyu hijau. Tapi harus hati hati ya agar tidak digigit. 




Emon bermain dengan penyu hijau dan Penyu lengkang mengintip dari kolam sebelah 

PEnyu Hijau menyapa dengan ramah

Taman Kili-Kili dengan latar pantai 

Penyu Lekang yang beratnya 80Kg 

Pasir pantai tempat Penyu mendarat

Jenis Jenis penyu di Dunia. 6 diantaranya ada di Indonesia 

Penyu Lekang 80kg yang mudah di sentuh. 



walaupun mudah disentuk tapi harus hati-hati ya 

Emon Kelaperan sepertinya 


Tukik-tukik penyu Lekang yang telah menetas yang akan dilepaskan 


Cangkang tukik yang masih lembut 


kenapa wajahku kileng kileng sekali 

tukik tukik yang berenang bersama teman teman 




kebun kelapa menuju penangkaran 




Area PAntainya sangat luas.. diujung sana merupakan pantai Konang dan Munjungan 

Tolong lepaskan AKu... 




Kili kili 2021 yang tidak menemukan penangkarannya

Kili kili 2021 yang tidak menemukan penangkarannya


ujung paling barat 




Penyu Hijau yang ramah






HAllo Penyu.. sini sini sini 




ini kenapa shepi sama jepi ikut disini?? 















Besarkan Penyu Lekangnya 

PIntu Masuk Taman Kili-Kili

Seandainya bisa renang Mas Aya langsung berenang 


0 komentar:

Posting Komentar